Saturday, October 4, 2014

TINGKATAN MANAJEMEN



pada pengertian tersebut dikatakan bahwa manajemen adalah proses pencapaian tujuan melalui kerja orang lain.
Dengan demikian berarti dalam manajemen terdapat minimal empat ciri yaitu :
1. ada tujuan yang hendak dicapai.
2. ada pemimpin (atasan).
3. Ada yang dipimpin (bahawan).
4. Ada kerja sama.
Oraganisational skills yaitu kecerdasan untuk mengatur berbagai usaha.
adapun tingkatan kepemimpinan atau manajemen terdiri dari :
1. Top Management (manajemen tingkat atas)
2. Middle Management ( Manajemen tingkat tengah )
3. Lower Management ( Manajemen tingkat bawah )
Pada setiap tingkatan tergantung pada besar kecilnya suatu organisasi atau instansi.
Namun demikian, biasanya top management jumlahnya akan lebih sedikit dari pada middle management dan middle management lebih sedikit dari pada lower management.
jadi semakin tinggi kedudukan seseorang semakin banyak memerlukan ketrampilan administrasinya/manajemen, tetapi ketrampilan opresionalnya semakin rendah.
Sebaliknya semakin rendah kedudukan seseorang maka ketrampilannya, operasionalnya semakin tinggi, sedangkan ketrampilan administrasinya/manajemen semakin rendah.
Dengan bahasa yang sederhana, sebetulnya ketiga jenis tingkatan manejemen tersebut bekerja pada waktu yang sama, tetapi jenis kegiatannya berbeda.
Mnajemen tingkat atas lebih banyak bekerja dengan pikiran, sedikit sekali bekerja secara fisik atau tenaga.

No comments:

Post a Comment